Cara Monetisasi Akun TikTok

5 Cara Monetisasi Akun TikTok untuk Mendapatkan Uang

Penggunaan TikTok saat ini sudah lebih dari sekadar hiburan semata. Pada faktanya sudah banyak orang yang mampu membuktikan diri bahwa platform aplikasi TikTok itu bisa memberikan penghasilan dengan cara yang terbilang menyenangkan.

Bagaimana cara-caranya?

Berikut kami sajikan beberapa informasi mengenai cara mendapatkan uang dengan berbekal aplikasi dan akun TikTok yang kami kutip dari situs Teknohow:

Cara Mudah Monetisasi Akun TikTok

Ada lebih dari satu cara agar kamu bisa mendapatkan uang melalui aplikasi ini. Silakan simak baik-baik dan pastikan kamu sudah mempunyai tekad yang kuat agar tidak berhenti di tengah jalan.

Karena, meskipun terdengar mudah, kamu tetap butuh perjuangan. Berikut ini beberapa metode yang bisa dicoba:

1. Mencari Sponsor

Hal pertama yang bisa kamu coba adalah dengan mencari dan menemukan sponsor untuk membuat konten. Secara umum yang kamu butuhkan adalah skill komunikasi yang cakap dan terampil.

Mengingat kamu akan menjelaskan suatu produk maka harus bisa meyakinkan team sponsor. Untuk alurnya bisa dimulai dari brand di daerah terlebih dahulu, jangan langsung mencari sponsor pada brand-brand ternama secara langsung.

Bahkan kepercayaan perusahaan/pemilik produk juga membutuhkan waktu, pastikan akun TikTok kamu sudah mempunyai banyak pengikut agar bisa menjadi konten kreator yang profesional, barulah mengajukan penawaran kepada pemilik brand ternama.

2. Menjual Barang/Jasa

Jika kamu bisa menjual barang hasil produksi sendiri kenapa harus menjualkan barang orang lain? Nah, ini dia salah satu pola pikir para pengusaha milenial. Kamu juga bisa menirunya lho.

Ambil contoh kamu bisa menjualkan beberapa produk aksesoris HP seperti hardcase, softcase, atau semacamnya.

Buatlah video yang menarik agar para penonton menjadi tertarik untuk membelinya.

Tidak hanya barang saja, melainkan kamu juga bisa menawarkan jasa seperti pembuatan CV lamaran kerja, edit foto, dan lain sebagainya.

Semua bidang usaha bisa kamu kembangkan dengan menggunakan TikTok, hal yang terpenting jangan sampai barang/jasa yang kamu tawarkan menyalahi aturan pedoman komunitas ya.

Baca Juga: Apa itu Intel Optane?

3. Mengalihkan Penonton ke Platform Media Lain

Untuk mendapatkan uang dengan TikTok kamu juga bisa melakukannya dengan mengalihkan penonton ke platform media lain.

Bagaimana maksudnya?

Jadi begini, semisal kamu mempunyai banyak pengikut di TikTok kamu juga bisa mengarahkannya ke platform YouTube untuk memperbanyak jumlah views dan jam tayang.

Selain itu, kamu juga bisa membuat video menarik lalu mengalihkan penonton untuk membeli produk yang kamu tawarkan langsung secara online lewat aplikasi marketplace ternama, seperti: Tokopedia, Lazada, Shopee, dan sebagainya.

4. Membuka Donasi

Buat yang satu ini mungkin sedikit simpel, namun tetap saja memerlukan usaha. Beberapa konten kreator di TikTok terkadang membuka donasi dari para penonton setianya.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama, barangkali sudah ada beberapa ratus follower, mungkin kamu bisa berterus terang bahwa saat ini sedang membutuhkan donasi untuk peningkatan kualitas video atau semacamnya.

Cara yang satu ini mungkin terdengar kurang berpotensi, namun siapa tahu barangkali salah satu penonton setia kamu ada yang termasuk orang kaya. Mungkin bisa mendapatkan donasi lebih.

5. Membuka Endorse

Mungkin mendengar kata “endorse” membuatmu berpikir bahwa itu hanyalah pekerjaan artis semata saja. Namun, faktanya tidak begitu.

Seseorang yang bisa menarik perhatian penonton atau pembeli -baik itu artis atau tidak- bisa mempunyai peluang untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Lantas bagaimana membuka endorse? Tentu kamu harus meningkatkan kualitas akun. Beberapa diantaranya dengan melakukan:

  1. Personal branding
  2. ·Meningkatkan follower
  3. Dan hal lain-lain yang berkaitan dengan meningkatkan popularitas diri sendiri

Dari semua metode di atas memang mudah. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa tidak ada yang instan di dunia ini. Kamu harus berusaha dengan keras untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *