Apa itu Intel Optane

Apa itu Intel Optane? Pengertian, Fungsi dan Syaratnya

Intel Optane adalah perangkat yang dapat mendongkrak performa storage tipe Hard Disk Drive (HDD). Seperti diketahui, dalam hal kecepatan, HDD kalah dengan Solid State Drive (SDD). Namun, dengan menambahkan Intel Optane, HDD bisa secepat SDD.

Penambahan Intel Optane sangat direkomendasikan bagi kamu yang sehari-harinya suka main game berat, edit video, desain grafis dan aktivitas lainnya yang butuh software ukuran besar. Kamu tidak akan lagi dibuat jengkel dengan loading yang lama kalau menyematkan Intel Optane di HDD PC-mu.

Sebenarnya apa itu Intel Optane? Nah, kali ini kami akan membagikan pengetahuan tentang apa itu Intel Optane, fungsi  berikut syarat menggunakannya. Simak dengan saksama ya!

Apa itu Intel Optane?

Dikutip dari Thelastsurvivors.org, Intel Optane adalah akselerator penggunaan data besutan Intel yang tersimpan di HDD. Disebut akselerator karena memang Intel Optane mampu menambah kecepatan untuk jenis storage itu.

Kalau kamu pengin tahu, HDD memiliki kecepatan membaca file maksimal 250 mb per detik. Sementara Intel Optane memiliki kecepatan maksimal 1350 mb per detik. Sangat ‘jomplang’, kan?

Jadi, (misalnya) kamu lagi main game berukuran jumbo. Kalau PC-mu menggunakan HDD tanpa Intel Optane, kamu harus menunggu loading level 30 – 40 detik. Sementara itu, kalau ditambahkan Intel Optame, loading level hanya membutuhkan waktu 3 – 4 detik.

Sesekali menunggu loading level selama 30 – 40 detik mungkin tidak membikin kamu jengkel. Tapi bayangkan kamu yang sehari-harinya suka main game dengan loading level selama itu, pasti menjengkelkan, kan? Ini-lah alasan kamu harus menambahkan Intel Optane di storage HDD PC-mu.

Fungsi Intel Optane

Sedikitnya ada enam fungsi Intel Optane yang perlu kamu ketahui. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Performa komputer/laptop dijamin makin cepat dari biasanya.
  2. Proses booting OS juga dijamin semakin cepat.
  3. Proses rendering video semakin cepat.
  4. Loading software/aplikasi dan game semakin cepat.
  5. Terhindar dari lag dan lebih responsif saat kamu mengolah data berukuran besar atau bahkan jumbo.
  6. Menghindari masalah bottleneck dari HDD.

Baca Juga: Apa itu Pesan Bintang WhatsApp?

Syarat Utama Penggunaan Intel Optane

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu tertarik menggunakan Intel Optane? Jika kamu tertarik, ketahuilah penggunaan Intel Optane harus memenuhi sedikitnya enam syarat, di antaranya sebagai berikut:

1. Sistem Berbasis Intel

Syarat pertama menggunakan Intel Optane adalah PC wajib berbasis intel. Mengingat, Intel Optane adalah produk besutan Intel.

Jadi, jika kamu memiliki komputer/laptop yang berbasis selain Intel, misalnya AMD, maka komputer/laptopmu tidak memenuhi syarat penggunaan. Dengan kata lain, akselerator HDD ini tidak akan bisa ditambahkan di PC-mu.

2. Minimum Prosesor Intel Generasi 7

Syarat kedua penggunaan Intel Optane adalah prosesor PC-mu harus termasuk dalam generasi ke-7. Seperti, Core i9, Core i7 dan Core i5. Jika PC-mu masih mengadopsi prosesor Intel generasi 6 dan di bawahnya, dipastikan Intel Optane tidak akan bisa digunakan.

3. Chipset Intel 200 Series

PC-mu juga harus sudah mengadopsi chipset Intel 200 Series atau generasi terbaru setelahnya. Jika chipset masih termasuk generasi sebelum Intel 200 Series, Intel Optane tidak akan ‘bersahabat’ dengan PC-mu.

4. Mobo Harus Support

Selain sudah mendadopsi chipset Intel 200 Series atau generai terbaru setelahnya, komputer/laptopmu juga musti memiliki Motherboard atau Mobo yang mendukung Intel Optane. Ini berarti Mobo harus mempunyai wadah atau slot untuk Intel Optane.

Jadi, kalau komputer/laptopmu mobonya tidak mendukung Intel Optane walau sudah mengadopsi Cipset Intel 200 Series atau generasi terbaru setelahnya, bisa dipastikan kamu tidak akan bisa menambahkan akselerator HDD itu.

5. OS Windows 10 64-Bit

Syarat kelima penggunaan Intel Optane adalah berkaitan dengan perangkat lunak dari PC-mu. Ya, PC-mu harus mendukung OS Windows 10 60-Bit agar bisa dipasangkan Intel Optane.

Ini merupakan syarat yang harus dipenuhi. Jadi, jika PC-mu tidak mendukung OS tersebut berarti tidak akan bisa ditambahkan Intel Optane.

6. Storage SATA Partisi GPT

Syarat terakhir, storage PC-mu harus sudah mengadopsi partisi GPT, bukan lagi MBR. Jadi, jika PC-mu masih memakai MBR dan ingin menggunakan Intel Optane, maka beralihlah (konversi) ke GPT.

Untuk diketahui, kamu harus berlangganan secara premium jika ingin menggunakan GPT. Dengan kata lain, konversi MBR ke GPT tidaklah gratis.

Itulah pembahasan tentang Intel Optane. Sekarang kamu tahu Intel Optane adalah salah satu ‘benda’ yang sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan kecepatan PC. Yuk pakai Intel Optane agar aktivitasmu di layar komputer/laptop tidak menjengkelkan lagi karena loading lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *