Formasi Sepak Bola

5 Macam Formasi Sepak Bola Terbaik di Dunia

Dalam cabang olahraga sepak bola terdapat formasi permainan yang harus diterapkan dan dilakukan oleh setiap klub atau tim nasional. Ada beberapa macam formasi sepak bola terbaik di dunia yang berhasil mengantarkan suatu klub atau tim untuk meraih kemenangan.

Selain penguasaan teknik dasar sepak bola, formasi memiliki peranan yang sangat penting karena menjadi cara atau strategi pelatih dalam menempatkan para pemain untuk memenangkan pertandingan. 

Nah, untuk mengetahui formasi sepak bola terbaik, mari simak ulasan yang kami rangkum dari situs Olahraganesia, berikut ini.

1. Formasi 4-4-2

Formasi 4-4-2 merupakan salah satu formasi yang paling sering digunakan dan diketahui oleh banyak orang. Formasi ini menggunakan 4 pemain bertahan, 4 pemain tengah, dan 2 pemain penyerang. Untuk 4 pemain bertahan ini diisi dengan 2 orang bek sayap kiri dan kanan, serta 2 bek tengah.

Sementara itu, untuk pemain tengah diisi dengan 2 pemain gelandang tengah dan 2 pemain gelandang kiri dan kanan, sedangkan untuk 2 penyerang diisi dengan 1 striker murni dan 1 second striker. Keunggulan dari formasi ini yaitu adanya keseimbangan antara lini tengah dengan lini belakang.

2. Formasi 4-3-3

Formasi terbaik dalam sepak bola yang selanjutnya yaitu 4-3-3. Formasi ini merupakan hasil pengembangan dari formasi ala Brazil 4-2-4 dan formasi ala Belanda 3-4-3. Di dalam dunia sepak bola era modern, formasi 4-3-3 terbilang sangat ofensif dengan menghadirkan 3 pemain di lini depan.

Dalam formasi ini, peranan dari 2 bek sayap juga menjadi lebih krusial untuk melakukan pergerakan secara ofensif. Pada sektor tengah, 2 dari 3 gelandang bertugas membangun serangan dan 1 gelandang lainnya bertanggung jawab untuk lini pertahanan.

3. Formasi 4-5-1

Formasi 4-5-1 merupakan formasi terbaik dalam permainan sepak bola yang terdiri dari 4 pemain bertahan, 5 pemain tengah, dan 1 pemain penyerang. Formasi jenis ini berfokus pada lini tengah untuk menciptakan berbagai macam serangan untuk lawan dan menguasai pertandingan.

Keunggulan dari formasi ini yaitu jumlah pemain tengah yang lebih banyak dibandingkan barisan lain akan membuat tim menjadi lebih mudah dalam menguasai jalannya pertandingan.

4. Formasi 3-5-2

Formasi terbaik dalam permainan sepak bola yang identik dengan pelatih klub Inter Milan, Antonio Conte yaitu 3-5-2. Meskipun bermain dengan 3 pemain bek, 2 pemain tengah yang berdiri di sisi lapangan akan ikut membantu membentuk pertahanan sehingga membentuk 5 bek.

Saat melakukan serangan, 2 pemain tengah yang berada di sisi lapangan harus maju untuk mengirim atau memberikan umpan dari sisi samping menuju arah tengah lapangan. Keunggulan dari formasi ini adalah lini tengah yang dipenuhi pemain akan membuat lawan kerepotan.

5. Formasi 4-2-3-1

Formasi 4-2-3-1 merupakan formasi yang sedang menjadi perbincangan hangat pada akhir dekade 2020. Strategi formasi jenis ini pertama kali digunakan oleh tim nasional Maroko pada ajang Piala Dunia 1994 silam.

Formasi ini kemudian kembali booming saat Piala Dunia 2002 dan Piala Dunia 2006. Formasi ini juga sering digunakan oleh Barcelona di bawah asuhan pelatih Ronald Koeman. Formasi ini menempatkan 1 pemain penyerang, 2 pemain gelandang bertahan, dan 3 pemain gelandang serang.

Keunggulan dari formasi sepak bola satu ini yaitu para pemain lini tengah yang lebih terstruktur. Meski begitu, formasi ini juga memiliki kelemahan di mana 3 pemain gelandang serang seringkali lupa bahwa mereka harus bertahan dan mengendur ketika melakukan transisi ke pertahanan.


Penjelasan mengenai formasi sepak bola terbaik di dunia di atas bisa menjadi tambahan wawasan untuk mengenal lebih jauh tentang cabang olahraga bola besar yang satu ini. Formasi sepak bola ini juga akan terus berkembang menyesuaikan strategi dan taktik dari pelatih klub atau tim.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *