Jenis Jenis Iklan

Jenis Jenis Iklan dan Penjelasann

Iklan merupakan suatu bentuk pesan dalam memasarkan sebuah jasa atau produk yang akan disampaikan pada media tertentu. Perusahaan penyedia jasa atau produk akan mengandalkan iklan dalam memasarkan produk atau jasa yang dimilikinya.

Bentuk penyampaian iklan bisa berbagai macam bentuk, seperti papan reklame, radio, koran, televisi dan lain sebagainya. Dengan iklan yang seperti ini akan membuat produk atau jasa dari suatu perusahaan bisa dikenal oleh banyak masyarakat yang ada.

Namun, untuk menarik perhatian masyarakat, tentu saja iklannya harus memenuhi macam unsur yang ada. Selain itu, iklan juga memiliki berbagai macam jenis-jenis iklan. Coba anda lihat pada pembahasan yang sudah tersedia berikut ini.

1. Iklan Niaga

Salah satu jenis iklan yang dapat kita temukan, yakni iklan niaga atau sering disebut sebagai iklan penawaran. Iklan ini menjadi suatu jenis iklan yang memiliki tujuan untuk memasarkan produk atau jasa pada khalayak ramai hingga bisa dibeli oleh target pembeli.

Adapun contoh-contoh tentang iklan niaga dalam bentuk produk adalah sepatu, tas, kosmetik, makanan dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, adapun contoh iklan niaga dalam bentuk jasa yang berupa jasa kurir, jasa pengobatan, jasa kontraktor dan lain sebagainya.

2. Iklan Media Cetak

Iklan media cetak merupakan salah satu jenis iklan yang dapat dibuat maupun disampaikan dalam bentuk cetakan. Pada umumnya, jenis iklan yang satu ini sering kita lihat pada koran, majalah, baliho, stiker, poster, neon box dan lain sebagainya.

Perlu anda ketahui kalau iklan cetakan ini akan berdasarkan tempat atau dimana iklan tersebut ditampilkan dengan ketentuan iklan harus seperti,

  • Iklan media cetak tidak akan mempunyai lebih dari 4 baris atau tak sampai pada kolom iklan.
  • Iklan cetakan untuk kolom ukurannya harus lebih tinggi apabila dibandingkan dengan iklan baris.
  • Iklan media cetak display seringkali mempunyai ukuran luas.

3. Iklan Pengumuman

Jenis-jenis iklan yang selanjutnya adalah jenis iklan pengumuman. Secara umum, jenis iklan yang seperti ini memiliki tujuan dalam menarik konsumen yang tertentu saja. Dimana isi dari iklan ini akan mengenai pemberitahuan sesuatu yang berupa event, berita dukacita dan lain sebagainya.

4. Iklan Komersial

Umumnya iklan komersial atau iklan bisnis ini akan dipasang dengan tujuannya agar mendapatkan keuntungan finansial dan ekonomi. Hal ini dikarenakan tujuan utamanya, yakni untuk meningkatkan pemasaran hingga penjualan yang ada.

Contoh dari jenis iklan komersial ini berupa iklan mobil, sepeda motor, ponsel terbaru dan lain sebagainya. Iklan yang berjenis komersial ini terdiri atas tiga jenis yakni, iklan komersial konsumen akhir, penyalur produk (mitra distributor) dan kalangan profesional.

5. Iklan Non-Komersial

Berbeda dengan komersial, non-komersial merupakan iklan yang akan menyampaikan informasi tentang isu-isu yang penting untuk menyadarkan para konsumen yang ada. Iklan ini biasanya dipakai buat kepentingan bersama dengan cara yang sosial.

Keuntungan sosial, yakni agar setiap konsumen bisa meningkatkan wawasan, mengubah perilaku dan kesadaran diri melalui iklan yang ditampilkan. Untuk contoh-contoh iklan non-komersial ini terdiri atas iklan kebersihan lingkungan, tata cara dalam pembayaran pajak dan lain sebagainya.


Itulah penjelasan yang singkat mengenai jenis-jenis iklan yang dapat dimanfaatkan pada perusahaan anda. Dengan adanya berbagai macam iklan yang ada, tentunya anda akan merasa terbantu dalam memasarkan produk maupun jasa yang dimiliki oleh anda.

Pilihlah jenis iklan yang sesuai dengan tujuan anda sendiri. Jangan sampai memilih jenis iklan karena ini bisa membuat kegagalan bagi usaha anda.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *