7 Ide Kerajinan dari Sabun Batang

Kerajinan dari sabun batang merupakan karya seni yang indah dengan cara pembuatannya yang cukup mudah dan praktis. Ada berbagai macam bentuk ukiran sabun batang yang cantik dan menarik mulai dari bentuk bunga, hewan, buah-buahan, hingga bentuk bayi yang unik.

Kerajinan bahan lunak satu ini bahkan sudah banyak dijual belikan sebagai souvenir pernikahan, ulang tahun, dan momen penting lainnya. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui ide-ide kerajinan dari sabun mandi batangan yang unik dan menarik.

1. Kerajinan Sabun Bentuk Bunga

Salah satu ide ukiran kerajinan sabun yang paling populer yaitu bentuk bunga. Teknik yang digunakan untuk bentuk ini adalah teknik ukir, sehingga alat yang digunakan adalah alat ukir atau pahat dan pensil.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat pola ukiran menggunakan pensil atau pisau kecil secara langsung pada sabun batang. Setelah pola bunga selesai dibuat, selanjutnya adalah menegaskan atau menebalkan pola ukiran menggunakan alat ukir/pahat.

Beberapa model bunga yang biasa diaplikasikan untuk kerajinan sabun batang ini antara lain bunga mawar, bunga matahari, teratai, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil ukiran yang bagus dan rapi tentunya diperlukan ketelitian, kreativitas, dan kesabaran yang tinggi.

2. Kerajinan Sabun Bentuk Ikan

Selain bentuk bunga, ikan juga menjadi salah satu ide kerajinan sabun batang yang banyak diminati. Cara membuat ukiran bentuk ikan juga terbilang mudah. Ada 2 teknik yang bisa diterapkan untuk membuat kerajinan ini yaitu dengan teknik leleh dan teknik ukir.

Seperti namanya, teknik leleh berarti melelehkan sabun batang terlebih dahulu kemudian dicetak menggunakan cetakan berbentuk ikan dan tunggu hingga adonan sabun mengeras. Sementara itu, untuk teknik ukir bisa dilakukan dengan membuat pola dan mengukirnya menggunakan alat ukir.

3. Kerajinan Sabun Bentuk Kupu Kupu

Kupu-kupu memang dikenal sebagai binatang yang cantik karena memiliki sayap yang indah. Karena alasan inilah kupu-kupu cocok untuk dijadikan model desain kerajinan sabun batang. Untuk membuat kerajinan sabun dengan bentuk kupu-kupu dibutuhkan ketelitian dan kesabaran ekstra.

4. Kerajinan Sabun Bentuk Kura Kura

Bentuk kura-kura juga bisa menjadi inspirasi untuk membuat kerajinan dari sabun mandi batangan. Dibandingkan model lainnya, bentuk kura-kura terbilang cukup mudah karena detail bentuknya tidak terlalu rumit.

Bentuk sabun yang sedikit melengkung bisa menjadi area punggung kura-kura, kemudian tambahkan detail cangkangnya saja. Untuk membuat pola bentuk kura-kura pada permukaan sabun bisa menggunakan pensil atau pisau kecil, kemudian tegaskan detail pola menggunakan alat ukir.

5. Kerajinan Sabun Bentuk Jari

Kerajinan sabun bentuk jari memang bisa membuat siapapun yang melihatnya merasa merinding karena terlihat seperti jari manusia yang dipotong. Meski begitu, ukiran sabun batang bentuk jari ini memiliki nilai estetika yang tinggi dan unik.

6. Kerajinan Sabun Bentuk Bayi

Ide kerajinan sabun bentuk bayi sangat cocok untuk dijadikan sebagai souvenir kelahiran anak. Detail bentuk bayi ini memang terkesan rumit sehingga membutuhkan keterampilan, daya imajinasi yang kuat, dan tentunya ketelitian untuk membuat guratan dan lekukan mirip seperti bayi.

7. Kerajinan Sabun Bentuk Buah Buahan

Selain bentuk binatang dan bunga, bentuk buah-buahan juga menjadi inspirasi ukiran untuk kerajinan dari sabun mandi batangan. Ada berbagai macam bentuk buah yang sering dijadikan sebagai model kerajinan sabun antara lain bentuk buah nanas, stroberi, jeruk, dan buah lainnya.

Untuk membuat bentuk ini bisa dilakukan menggunakan teknik leleh. Pertama, sabun batang dilelehkan terlebih dahulu. Adonan sabun yang sudah dilelehkan kemudian dicetak menggunakan cetakan bentuk buah dan diamkan beberapa saat sabun menjadi padat.


Beberapa ide bentuk di atas bisa menjadi inspirasi dan referensi untuk membuat kerajinan dari sabun batang yang cantik dan menarik. Selain itu, menurut situs matakaca kerajinan satu ini juga cocok dijadikan sebagai souvenir pernikahan, kelahiran bayi, atau ulang tahun karena bentuknya yang unik dan aromanya yang harum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *